Home » , , » Cara Membedakan Blackthroat Dan Sanger

Cara Membedakan Blackthroat Dan Sanger

Budidaya burung sanger


Untuk mengetahui  dan membedakan burung Blackthroat dengan burung sanger bisa kita memperhatikan dan lihat dalam beberapa hal :

UKURAN TUBUH
Ciri fisik yang pertama untuk membedakan burung tersebut adalah dari ukuran badannya, Jika burung Blackthroat berukuran antara 12 - 15 cm, maka burung elder sanger berkisar antara 10 - 12 cm.
EKOR
Pada burung jenis Blackthroat terdapat warna kuning mencolok, sedangkan burung jenis sanger warna ekor putih bersih (seperti kapas, atau warna putih dibagian atas ekor murai batu)


budidaya burung blackthroat

POLA WARNA
Burung Blackthroat berpola hitam dan nampak lebih tegas dengan pembatas warna hijau kekuningan seperti warna stabilo pada setiap sisi luar sayapnya.
Untuk pola warna burung sanger berwarna hitam tanpa warna pembatas. Untuk warna dasar burung sanger adalah abu - abu, sedangkan  burung Blackthroat warna dasar cenderung putih keabu - abuan atau pada daerah tertentu Blackthroat berwarna kecoklatan. Warna dasar ini juga dapat menjadi alasan mengapa warna hitam Blackthroat tampak lebih jelas.

SUARA
Jika kita sudah terbiasa mendengar salah satu suara kedua burung tersebut, akan sulit untuk membedakan. namun, jika kita sudah terbiasa mendengar suara keduanya secara bersamaan, maka akan terdengar perbedaan karakter irama lagu kedua jenis burung ini.

Burung Blackthroat memiliki karakter suara yang lebih jelas pada perubahan intonasi nada, atau dalam kata alain memilik cengkok ( sedotan) yang jelas dengan nada yang lebih dinamis dan power yang lebih kuat atau suara yang lebih keras. Jika dikonotasikan dengan tangga nada maka dapat berpola 11723711723711727......dst, ada lonjakan perbedaan nada yang jelas.

Pada Burung sanger, lebih mengandalkan pada kecocokan atau roll yang panjang dengan dinamisasi nada yang lebih rata, namun panjang dan senantiasa bervariasi, namun tidak tiba-tiba berubah, yaitu seperti : 111222444221112244422.

Demikianlah Beberapa cara untuk membedakan burung Jenis Blackhtroat dengan jenis sanger, semoga bisa membantu.



3 comments:

  1. peternak blackthrout bandung
    Lilik ring AB-NL
    Tlp 081804248589 / pin bb 2BA98F56

    ReplyDelete
  2. peternak blackthrout bandung
    Lilik ring AB-NL
    Tlp 081804248589 / pin bb 2BA98F56

    ReplyDelete
  3. Mau beli bisa kirim ke surabaya ya gan

    ReplyDelete